·
Brokerage
Lukmana (2011) menyatakan brokerage adalah model bisnis yang
menghubungkan antara penjual dan pembeli. Contoh: Kutubuku.com. Saat ini,
Gapura Shop belum melakukan kegiatan sebagai broker/penghubung, karena saat ini
masih berbentuk fórum jual beli, yang memungkinkan para penjual untuk memasang
iklan sebagai upaya melakukan penjualan
·
Advertising
Model ini merupakan perpanjangan dari model siaran media
tradisional. Dalam kasus ini, situs web, menyediakan konten (biasanya gratis)
dan jasa (seperti email, IM, blog) yang berisi pesan-pesan iklan dalam bentuk
iklan banner. Iklan banner dapat menjadi sumber utama atau satu-satunya
pendapatan. Model iklan dikatakan berhasil /baik ketika volume lalu lintas
penampil besar atau sangat spesifik, contoh: kaskus.us.
Gapura Shop menggunakan jenis model bisnis ini, karena
penjual dapat memasang iklan atas produknya. Adapun revenue yang diperoleh
adalah dari MMS untuk upload foto, biaya pasang iklan dan SMS notifikasi.
·
Infomediary
Data tentang konsumen dan kebiasaan konsumsi mereka sangat
berharga, terutama ketika informasi digunakan untuk menargetkan kampanye
pemasaran. Data yang dikumpulkan secara independen yaitu tentang produsen dan
produk. Berguna untuk konsumen ketika mempertimbangkan pembelian. Beberapa
perusahaan berfungsi sebagai infomediaries (perantara informasi) membantu
pembeli dan/atau penjual memahami pasar tertentu. Saat ini, sebagai fórum jual
Gapura shop belum menggunakan model bisnis infomediary.
·
Merchant
Grosir dan pengecer barang dan jasa. Penjualan dapat dibuat
berdasarkan daftar harga atau melalui lelang, contoh: bukukita.com,
bhineka.com, gramediaonline.com. Gapura Shop merupakan fórum jual beli sehingga
tidak melakukan penjualan secara langsung kepada pelanggan.
·
Manufacture
(direct)
Perusahaan brick dan mortar yang telah memiliki bisnis
sendiri membuat web penjual dengan tujuan:
- Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai.
- Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelanggan secrara langsung.
Adapun beberapa contoh bisnis yang menggunakan model ini,
yaitu: dapurcoklat.com, gramediaonline.com. Gapura Shop saat ini belum
melakukan kegiatan memproduksi dan menjual produk secara langsung karena masih
fokus untuk memberikan layanan nilai tambah kepada penjual yang merupakan
pelanggan Telkomsel untuk menjual roduknya melalui fórum jual beli.
·
Affiliate
Berbeda dengan portal umum, yang berusaha untuk mendorong
volume lalu lintas ke satu situs. Model afiliasi, memberikan kesempatan
pembelian kepada semua orang yang mungkin mengakses. Hal ini dilakukan dengan
menawarkan insentif keuangan (dalam bentuk persentase dari pendapatan) untuk
situs mitra afiliasi. Gapura Shop saat ini nampaknya belum
melakukan Affiliate dengan perusahaan lain, baik di dalam maupun di luar
negeri.
·
Community
Kelangsungan hidup model community didasarkan pada loyalitas
pengguna. Pendapatan dapat didasarkan pada penjualan produk tambahan dan jasa
atau kontribusi sukarela; atau pendapatan yang bisa dikaitkan dengan iklan
kontekstual dan langganan untuk layanan premium, contoh: kaskus.us,
Indowebster.web.id. Gapura Shop tidak memiliki komunitas dalam pelaksanaan
bisnisnya, karena murni hanya sebagai forum jual beli saja.
·
Subcription
Pengguna secara periodik dikenakan biaya berlangganan
terhadap layanan : harian, bulanan atau tahunan. Sehingga hal ini tidak biasa
untuk menggabungkan konten gratis dengan konten premium (yaitu : pelanggan atau
hanya anggota), co: info ADN. Gapura Shop belum menerapkan model subcription
saat ini.
·
Utility
Layanan didasarkan pada tingkat penggunaan yang sebenarnya.
Misalnya digunakan untuk layanan : air, listrik, layanan telpon jarak jauh.
Penyedia layanan Internet (ISP) di beberapa bagian dunia beroperasi sebagai
utilitas, pembayaran pelanggan untuk menit koneksi, contoh Internet Service
Provider. Gapura Shop tidak menggunakan model bisnis ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar