Selasa, 26 Februari 2013

KEKURANGAN dan KEUNGGULAN MESIN PENCARI Bing



Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Kelebihan
Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Bing antara lain :
  • Gambar latar belakang yang variatif
Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti.
  • Fasilitas Instant Answer
Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memeberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan samapai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.
  • Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail
Apabila pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail. Hasil pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang terbagi lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta disertai juga dengan Show image details. Show image details ini berfungsi dalam menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar tersebut.
  • Kotak detail pada link hasil pencarian
Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
  • Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif
Bing Maps ini mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna juga dapat mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi.
  • Fasilitas Related Searches
Kecerdasan sistem pencarian yang dimiliki oleh Bing ditunjukkan dengan tidak hanya ditampilkannya daftar situs, halaman web, maupun link yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan. Namun, pengguna juga akan menemukan pula beragam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan.
  • Fasilitas Smart Video preview
Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.
Kelemahan
Selain itu, bing sebagai sebuah search engine juga mempunyai beberapa kekurangan, seperti:
  1. Tidak adanya geo-targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai.
  2. Tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.
  3. Fiturnya tidak lengkap.
  4. Bing kurang diminati oleh pengguna.
  5. Bing kurang cepat dalam pencariannya.
Tanggapan Saya mengenai hal ini,  semua Search Engine memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika pada Google sudah terdapat geo-targeted yang dapat memaksimalkan hasil pencarian, Bing mungkin memang tidak memilikinya. Namun penampilan Bing bisa dibilang lebih menarik karena dapat berganti wallpaper. Bing memang kalah saing jika dibandingkan dengan Search Engine yang sudah memiliki nama seperti Google dan Yahoo, tapi Bing juga memiliki kelebihan. Pada akhirnya semua itu kembali lagi pada pilihan user yang akan memakai mesin pencari seperti apa dan bagaimana.
»»  BACA SELENGKAPNYA...

Algoritma Mesin Pencarian Yahoo




Algoritma Mesin Pencarian Yahoo berbeda dengan Algoritma Google walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh. Yahoo adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Anda harus memiliki peringkat yang baik di Yahoo SERP karena memiliki beberapa peluang untuk lalu lintas website Anda.

Beberapa hal yang perlu anda ambil langkah dalam SEO untuk Yahoo :
  • Nama Website. Seperti juga google, untuk Yahoo memasukkan keyword dalam nama website juga hal penting . Jika nama website tidak mengandung keyword utama, website tidak akan cukup tinggi peringkatnya pada hasil pencarian di Search Engine Yahoo. Keyword sekali dalam judul sudah dianggap cukup. Jangan ambil resiko untuk mengulang kata. 
  • Deskripsi. Berbeda dengan google, keyword dalam deskripsi di Yahoo mempunyai pengaruh untuk mendorong situs anda ke peringkat terbaik. Meta Description harus seakurat mungkin berarti bahwa dalam mengisi meta description harus sempurna sesuai dengan isi postingan, termasuk judul. Tapi, jangan mengulang kata terlalu banyak. 
  • Popularitas Link. Popularitas Link juga bagian dari Yahoo Algoritma, namun Yahoo lebih lunak, menerima beberapa link berkualitas menengah dan bahkan link inbound dari websute berkualitas rendah. Semakin banyak pengunjung klik ke website Anda dari hasil pencarian Yahoo, semakin dekat mendapatkan Peringkat Top 10. 
  • Meta Tag. Penting untuk memberikan meta tag yang tepat jika ingin tampil di hasil pencarian Yahoo. Untuk Yahoo yang terpenting adalah SEO on-page-nya, seperti heather dan tag-tag meta-data. Selain itu,Yahoo menganggap link inbound yang berkualitas lebih penting dari pada backlink dari situs lain. 
  • PageRank. PageRank juga mempengaruhi peringkat website di Yahoo, juga untuk mesin pencari lainnya 
Peluang besar untuk berada di awal SERP Yahoo

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDEzR0NgbgG_g1Y4ar9PuqTmWLJHWEn5fZewXddo-sg69AogASGscvXrqd4ZPOvNi3E1K0GbITJHej8PGqKiQ6ja2a-dqhxXUfh48O8aKZVLAfen-nFGeXLuiKDAXlCg9ZoNXnhstBryI/s1600/yahoo+logo.jpgMengirimkan website Anda melalui web direktori dan mesin pencari Yahoo. 
Jangan mengirimkan halaman web satu per satu, kirimkan halaman depan website (homepage), proses pengajuan berlebihan akan masuk katagori spamming dan bisa mengakibatkan penolakan website Anda pada mesin pencari Yahoo dan mungkin website Anda tidak akan pernah mungkin muncul pada hasil pencarian Yahoo. 

Yahoo memberikan direktori web Yahoo sebagai bagian dari Algoritma Ranking-nya. Jika situs tidak terdaftar di direktori web Yahoo, maka bisa menunggu waktu lama sebelum website Anda muncul di halaman mesin pencari Yahoo. Tapi sayang, layanan ini tidak gratis, Anda harus membayar $ 299 dolar per tahun untuk tetap di dalam Yahoo Web Directory. Untuk website organisasi atau informasi non profit, Anda bisa mencoba untuk mendaftar gratis ke Yahoo Web Directory, siapa tahu diterima. Meskipun membutuhkan waktu agak lama (kira-kira 3 bulan) ke Yahoo Direktori Web dan setelah itu jangan berharap banyak bahwa website Anda akan peringkat di TOP 10 untuk setiap keyword atau kata kunci yang Anda targetkan.
»»  BACA SELENGKAPNYA...

TUGAS PIB 1




»»  BACA SELENGKAPNYA...